Tingkat Kepercayaan Diri Ditinjau dari Keikutsertaan dalam Berorganisasi

Level of Self-Confidence Judging from Participation in Organizations

Penulis

  • Wika Agustina Universitas Indonesia Maju
  • Irma Herliana Univesitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.53801/jipki.v3i2.103

Kata Kunci:

kepercayaan diri, mahasiswa keperawatan, organisasi

Abstrak

Pendahuluan: Sebagai calon tenaga kesehatan yang bertanggung jawab akan peran dan fungsi keperawatan, mahasiswa keperawatan harus memiliki kesehatan fisik dan psikologis yang baik, termasuk salah satunya memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri pada seorang mahasiswa adalah keikutsertaan dalam berorganisasi.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kepercayaan diri ditinjau dari keikutsertaan mahasiswa keperawatan dalam berorganisasi.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen dengan menggunakan jenis kuantitatif komparasi dengan pendekatan Cross-sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling yaitu pengambilan secara acak mahasiswa keperawatan reguler Universitas Indonesia Maju semester 3, 5 dan 7 yang mengikuti organisasi dan yang tidak mengikuti organisasi melalui pengundian Nomor Pokok Mahasiswa (NPM). Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yaitu kuesioner tingkat kepercayaan diri yang telah dimodifikasi.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepercayaan diri mahasiswa yang ikut serta dalam berorganisasi dan mahasiswa yang tidak ikut serta dalam berorganisasi terdapat adanya perbedaan dengan hasil yang didapatkan yaitu p-value: 0,000.

Kesimpulan: Ada perbedaan tingkat kepercayaan diri ditinjau dari keikutsertaan mahasiswa keperawatan dalam berorganisasi di Universitas Indonesia Maju.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-23