Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Karyawan dalam Menghadapi Menopause

Relationship between Knowledge Level and Employee Anxiety Level in Facing Menopause

Penulis

  • Nurvita Dewi RS Bina Husada Cibinong

DOI:

https://doi.org/10.53801/jipki.v3i2.109

Kata Kunci:

menopause, kecemasan, tingkat pengetahuan

Abstrak

Pendahuluan: Kecemasan yang dialami perempuan menopause salah satunya karena kekhawatiran dalam menghadapi situasi yang sebelumnya tidak pernah dialami dan juga cemas akan hal hal yang mungkin muncul seperti keluhan fisik berapa berkeringat dimalam hari, sakit kepala, berhentinya Hasrat sexual, merasa diri akan menjadi lebih tua yang berarti kecantiakannya akan mempengaruhi hubungan dengan suami maupun lingkungan sosialnya.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan karyawan dalam menghadapi menopause di RS. Bina Husada Tahun 2022

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan studi desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Wanita berusia 45 tahun keatas di RS. Bina Husada tahun 2022 yang berjumlah 37 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. untuk menguji hubungan antara variabel independen (tingkat pengetahuan) terhadap  variabel dependen (tingkat kecemasan) menggunakan uji Chi-Square.

Hasil: Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan perhitungan korelasi chi-square dengan bantuan program SPSS 16 for windows menghasilkan p-value = 0,001 < α=0,05.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan pengetahuan dengan tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan karyawan dalam menghadapi menopause.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-23