Hubungan Peran Kader, Dukungan Keluarga dan Jarak terhadap Kepatuhan Lansia dalam Pelayanan Posyandu Lansia

The Relationship between the Role of Cadres, Family Support and Distance on Elderly Compliance in Elderly Posyandu Services

Penulis

  • Fitria Ayu Sahara UPT Puskesmas Jawilan
  • Salfia Darmi Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.53801/jipki.v3i2.110

Kata Kunci:

dukungan keluarga, jarak, peran kader, posyandu lansia

Abstrak

Pendahuluan: Posyandu Lanjut Usia adalah pelayanan bagi kaum usia lanjut, yang dilakukan oleh dan dari dan untuk kaum usia lanjut usia. Ketidakpatuhan yang disengaja didorong oleh keyakinan pasien tentang pengetahuan, motivasi, pengobatan, penyakit, prognosis, dan pengalaman obyektif pasien dalam pengobatan.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan peran kader, dukungan keluarga, dan jarak terhadap kepatuhan lansia dalam pelayanan posyandu lansia di Desa Pagintungan Wilayah Kerja UPT Puskesmas Jawilan.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia di Desa Pagintungan Wilayah Kerja Puskesmas Jawilan sebanyak 350 lansia. Metode penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Sampel yang didapat sebanyak 80 lansia. Instrumen penelitian dalam penelitian ini terdiri dari 3 bagian yaitu kuesioner peran kader, dukungan keluarga serta jarak. Analisis statistik dengan menggunakan uji Chi-Square.

Hasil: Berdasarkan hasil uji korelasi antara variabel peran kader, dukungan keluarga dan jarak terhadap kepatuhan lansia dalam pelayanan posyandu lansia menggunakan uji Chi-Square, menunjukan hubungan peran kader terhadap kepatuhan lansia dalam pelayanan posyandu lansia didapat (p = 0,02), hubungan antara dukungan keluarga terhadap kepatuhan lansia dalam pelayanan posyandu lansia didapat (p = 0,004), hubungan antara jarak terhadap kepatuhan lansia dalam pelayanan posyandu lansia didapat (p = 0,004). Sebagian besar lansia tidak patuh dikarenakan kurangnya peran kader dalam pelayanan posyandu lansia.

Kesimpulan: Terdapat hubungan peran kader, dukungan keluarga, dan jarak terhadap kepatuhan lansia dalam pelayanan posyandu lansia di Desa Pagintungan Wilayah Kerja UPT Puskesmas Jawilan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-23