Hubungan Tingkat Kecemasan Ibu dengan Kepatuhan Imunisasi Dasar Bayi pada Masa Pandemi Covid 19

The Relationship between Maternal Anxiety Level and Compliance with Infant Basic Immunization during the Covid 19 Pandemic

Penulis

  • Nurlaili Shobriana RS Bina Husada

DOI:

https://doi.org/10.53801/jipki.v3i2.114

Kata Kunci:

covid-19, kepatuhan, tingkat kecemasan

Abstrak

Pendahuluan: Pandemi Covid-19 memiliki dampak disegala sektor, salah satunya berdampak pada sektor psikologis yaitu meningkatkan kecemasan orang tua. Hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepatuhan imunisasi dasar bayi.

enelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan kepatuhan imunisasi dasar ibu yang mempunyai bayi pada masa Covid 19 di poli RS Bina Husada Tahun 2022.

Metode: Metode penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai bayi yang berjumlah 40 responden. Tehnik pengambilan sampel penetian ini menggunakan total sampling. Instrumen penelian ini menggunakan GAD-7 untuk mengukur tingkat kecemasan ibu dan kuisoner baku untuk mengukur kepatuhan imunisasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan chi-squere.

Hasil: Mayoritas gambaran tingkat kecemasan ibu adalah ringan sejumlah 20 responden (50,0%), sedangkan gambaran kepatuhan munisasi yatu patuh sejumlah 33 responden (82,5%). Hasil analisis bivariat didapatkan ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan kepatuhan imunisasi dasar ibu (nilai p-value 0,000 < 0,05)

Ada hubungan tingkat kecemasan ibu dengan kepatuhan imunisasi dasar bayi pada masa pandemi covid 19 yang signifikan dan besar keeratan hubungan 0,724 atau korelasi kuat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-23