Hubungan Pola Asuh Orangtua, Lingkungan Masyarakat, Durasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah (5-6 Tahun)

Relationship between Parenting Style, Community Environment, Duration of Gadget Use on Social Development of Pre-School Children (5-6 Years)

Penulis

  • Siti Sopiah Universitas Indonesia Maju
  • Retno Sugesti Universitas Indonesia Maju
  • Milka Anggraeni Karubuy Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.53801/jipki.v3i2.98

Kata Kunci:

gadget, lingkungan, perkembangan anak, pola asuh orangtua

Abstrak

Latar Belakang:  Menurut WHO terdapat 40 (48,8%) dari 42 anak mengalami perkembangan sosial kurang dari rata-rata (54,94%) yang cenderung memiliki kebiasaan bermain gadget lebih dari 1 kali sehari dengan waktu lebih dari 1 jam dan di Indonesia pada tahun 2018 adalah 7.512,6 per 100.000 populasi (7,51%) mengalami perkembangan pada anak di bawah 5 tahun. Studi pendahuluan dilakukan di PAUD Al Hidayah, di dapatkan hasil bahwa anak usia 5-6 th sudah mengenal dan bermain gadget dalam rentang waktu 30 menit hingga 3 jam sehari, media dan tekhnologi menjadi tantangan terhadap perkembangan anak. Media teknologi saat ini yang dapat mempengaruhi perkembangan anak yaitu gadget.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua, lingkungan masyarakat, durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak prasekolah (5-6 Tahun) di PAUD Al Hidayah Kp. Jatake Bogor Tahun 2022.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional dan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah populasi yaitu 33 responden. Untuk instrumen penelitian menggunakan Kuesioner kemudian data yang di dapat diolah menggunakan. SPSS Statistic Windows Versi 26. Dengan uji Chi-Square dan nilai P-value 0,05.

Hasil: Berdasarkan hasil Uji statistik Chi-square menunjukkan hubungan antara pola asuh orangtua terhadap perkembangan sosial anak prasekolah yaitu  p-value 0,050 dengan QR sebesar 11.483,  Lingkungan Masyarakat terhadap perkembangan sosial anak prasekolah yaitu  p-value 0,050 dengan  QR sebesar 4.626, dan  Durasi Penggunaan Gadget terhadap perkembangan sosial anak prasekolah yaitu  p-value 0,050 dengan QR sebesar 0.033.

Kesimpulan: Tidak terdapat  hubungan pola asuh orangtua,  lingkungan masyarakat terhadap perkembangan anak usia pra sekolah dan terdapat hubungan durasi penggunaan gadget dengan  perkembangan anak usia pra sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-23